MenuBar

2/18/15

Inilah Alasan Kenapa Mematikan Komputer harus di Shutdown

Inilah Alasan Kenapa Mematikan Komputer harus di Shutdown - Setiap kita selesai menggunakan komputer sering kali kita suka males nunggu proses Shutdown, yang akhirnya kita langsung cabut aja dari stop kontaknya. Padahal kebiasaan tersebut akan merugikan kita sendiri yang akan merusak perangkat komputer. 



Mesti sebagian user mengetahui akibat yang akan merusak komputer dari mematikan komputer tanpa proses Shutdown, tetap saja banyak yang sering melakukannya dengan berbagai alasan yang mereka utarakan. Untuk lebih menjaga perangkat komputer Sahabat Total, pada kesempatan ini saya akan membahas Inilah Alasan Kenapa Mematikan Komputer harus di Shutdown. untuk lebih jelasnya mari kita simak sebagai berikut.


Akibat Mematikan Komputer Tanpa Proses Shutdown:


1. Kehilangan Data Pada Registry



Pada saat proses Shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang di delete. jika kita langsung mematikan tanpa proses Shutdown komputer, komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registri, sehingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat menjalankan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang di tetapkan.



2. Mengurangi Umur Komponen Komputer



Perlu Sahabat Total, ketahui pada saat proses Shutdown komputer, komponen komputer terutama prosesor memberikan arahan kepada bios untuk menghentikan segala kerja komponen yang ada, ia jugak mengontrol arus keluar masuk pada komponen, jika Anda mematikan komputer dengan arus tidak benar akhirnya komponen Anda akan cepat rusak.



3. Processor Akan Mudah Rusak 



Dimana saat shutdown bios akan memainkan peran penting untuk mematikan fun cooller pada processor, jika ia mati secara mendadak maka tersentak processor.  



4. Memory Mudah Rusak



sistem memory atau cache akan kosong, ia akan mengakibatkan kerusakan pada memory.  



5. Hard Disk Rusak 



Dimana jika sistem operasi tidak ditutup secara shutdown dan benar sesuai langkah, makan mungkin disk yang terdapat pada hard disk mudah rusak, karena pasokan arus terdapat dimatikan mendadak, head atau kepala hard disk akan cepat rusak.





No comments:

Post a Comment