MenuBar

2/2/15

Jenis-Jenis Processor Beserta Fungsinya

Processor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan jikalau PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Semakin banyak Core yang terdapat di dalam PC maka akan lebih cepat kinerja sebuah komputer tersebut.



Perusahaan pengembang processor untuk PC ynag terkenal di dunia ada 2 yaitu AMD dan Intel. Intel pertama mengeluarkan produknya yaitu yang bernama Pentium. Perkembangan Pentium dilakukan hingga saat ini karena Pentium merupakan salah satu processor terbaik yang pernah dipasarkan.


Pentium yang pertama bernama Pentium 1 kemudian berkembang menjadi Pentium 4 dan sekarang telah mencapai Dual Core Pentium dan Quad Core Pentium. pentium memiliki keunggulan yaitu tahan panas dan tidak mudah rusak walaupun dipakai 24jam nonstop. 

Selain Pentium, Intel mempunyai Core i3, i5, i7 untuk desain grafis. Sedangkan untuk kantoran Intel mengandalkan Celeron dan Dual Celeron yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Untuk sebuah server Intel mengeluarkan Intel Xeon. Selain di atas ada keluarga processor Core 2 yaitu Core 2 Duo dan Core 2 Quad.
Pesaing terbesar Intel yaitu AMD mempunyai banyak beragam processor mulai dari single core sampai quadcore. AMD memiliki keunggulan harga terjangkau dan sangat bagus untuk desain grafis.
Contoh produk AMD adalah: AMD Phenom X4, AMD Athlon X2, Athlon X4, AMD Turion dan lain-lain. Kelemahan AMD adalah panas yang terlalu tinggi sehingga dibutuhkan minimal 2 fan di dalam CPU komputer.

Jenis-Jenis Processor  
Dalam komponen komputer bermacam-macam. Sehingga dalam beberapa tahun ini banyak muncul beberapa jenis processor baru. Hal ini di sebabkan oleh tuntutan pengembangan itu sendiri dan persaingan sengit antara 2 produsen processor, yaitu Intel dan AMD.
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
 
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Dari beberapa produsen processor hanya ada 2 nama yang menguasai pasar, yaitu jenis-jenis processor Intel dan AMD (Advance Micro Device). Sebagian orang pasti hanya mengenal processor Intel di bandingkan processor AMD. Itu di karena Intel pentium adalah nama prosesor Intel yg paling melegenda.

Berikut ini jenis-jenis prosesor :
 
1. Intel

  • Intel Pentium I
  • Intel Pentium II
  • Intel Pentium III
  • Intel Pentium IV
  • Intel Pentium IV Celeron
  • Intel Pentium D
  • Intel Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Extreme
  • Intel Quad Core
  • Intel Core i3
  • Intel Core i5
  • Intel Core i7
2. AMD
  • AMD K5
  • AMD K6
  • AMD Duron
  • AMD Athlon
  • AMD Athlon 64
  • AMD Athlon 64fx
  • AMD Sempron
  • AMD 64 X2 Dual CoreAMD Turion
  • AMD Phenom
Fungsi Processor
Fungsi dari processor adalah untuk memproses data yang di terima dari masukan (input), seterusnya akan menghasilkan keluaran (output). Semasa kerja memproses data tersebut, processor juga akan senantiasa berhubung dengan komponen komputer yang lain, terutamanya hard disk dan RAM. Ia juga digambarkan sebagai “otak” kepada komputer dimana setiap data akan memulai processor, ia juga di kenali sebagai Central Processing Unit atau ringkasannya CPU. Sebagai contoh, ketika anda taip alamat blog ini, maka processor akan menerima masukan tersebut dan berurusan dengan komponen – komponen komputer yang lain seperti RAM, Hardisk, Motherboard, dan lain – lain komponen bagi menghasilkan keluaran / hasil yang anda kehendaki. Sekiranya processor tidak berfungsi, maka komponen – komponen komputer yang lain juga tidak dapat berfungsi.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel.
Perbedaan Prosesor AMD dan Intel.
Perbedaan Processor Intel Dan AMD
Pertama dari segi harga AMD masih di bawah intel, namun pangsa pasar intel lebih besar. alasannya mungkin terletak pada beberapa keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Bagaimanapun juga seseorang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, terutapa bila menyangkut pekerjaan.

Pertama dari segi harga AMD masih di bawah intel, namun pangsa pasar intel lebih besar. alasannya mungkin terletak pada beberapa keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Bagaimanapun juga seseorang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, terutapa bila menyangkut pekerjaan. - See more at: http://bangbiw.com/perbedaan-prosesor-amd-dan-intel/#sthash.WyWp7Xsb.dpuf
Pertama dari segi harga AMD masih di bawah intel, namun pangsa pasar intel lebih besar. alasannya mungkin terletak pada beberapa keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Bagaimanapun juga seseorang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, terutapa bila menyangkut pekerjaan. - See more at: http://bangbiw.com/perbedaan-prosesor-amd-dan-intel/#sthash.WyWp7Xsb.dpuf
Perbedaan Prosesor AMD dan Intel.

Keunggulan intel yang lain adalah hemat daya. Prosesor intel tidak banyak memakan baterai sehingga komputer/laptop nyala lebih lama. Dengan kata lain prosesor intel juga hemat listrik. Sebaliknya, AMD yang cepat panas menyerap lebih banyak daya. Selain itu, intel dinilai lebih kuat untuk aplikasi besar seperti photoshop atau aplikasi lain yang biasanya dimiliki anak-anak teknik.

Kelebihan AMD dibanding intel adalah adanya memory controller yang terpasang pada prosesor. Fungsinya untuk memperpendek distribusi data sehingga jalurnya lebih singkat. Artinya perjalanan lebih efisien. Sedangkan intel justru menggunakan memori eksternal pada prosesornya. Perbedaan ini terasa saat anda melakukan sebuah game. Prosesor AMD jauh lebih cepat (gesit). Tapi, bila masalahnya dengan aplikasi berat jangan ditanya, tentu intel lebih hebat karena memori internalnya lebih berat.

Kecepatan AMD memang jauh disbanding intel, hingga di pasaran prosesor AMD tidak ada yang tinggi. Bahkan, AMD berkecepatan 8 Ghz mungkin sebanding dengan intel 2,2 Ghz. Bila anda pengguna komputer/laptop untuk aplikasi ringan, misalnya ms.word saja, mungkin AMD lebih cocok. Tapi, bila anda butuh banyak software tentu prosesor AMD bisa jebol

Kelebihan AMD yang lain adalah dari segi harga yang jauh dibawah intel. Mengapa? Mungkin harga intel yang mahal itu karena adanya monopoli. Seperti yang kita tahu hingga saat ini hanya intel yang menguasai pangsa pasar. Namun, jika AMD terus berkembang tidak menutup kemungkinan harga prosesor menjadi turun. Ini artinya ada harapan untuk memiliki komputer/laptop murah.
 

Mungkin hanya  sedikit coretan dari saya mengenai Jenis-Jenis Processor Beserta Fungsinya, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.


Sumber:

No comments:

Post a Comment