MenuBar

2/1/15

Jenis-Jenis Mouse Komputer

Mouse merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menggerakkan pointer atau kursor pada layar monitor. Pheripheral yang satu ini juga merupakan bagian perangkat keras utama yang harus ada pada komputer.

Meskipun pada komputer masa kini sudah mendukung touch screen yang dapat memanjakan pengguna untuk melakukan sentuhan secara langsung pada layar komputer, tapi penggunaan mouse juga belum bisa di tinggalkan, ini karena sifatnya yang lebih praktis pada saat digunakan.
Mouse sendiri memiliki 3 fungsi utama yaitu untuk melakukan klik baik itu kiri ataupun kanan dan yang tidak kalah pentingnnya adalah scroll atau penggulung. Komponen ini menjadi sangat penting sekali sebagai input device pada sistim opersi yang berbasis GUI.

Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras komputer, mouse juga tidak ketinggalan untuk memberikan teknologi yang semakin baik, dari ketersediaan mouse yang mempunyai banyak pilihan bentuk dan desain, sampai dengan penggunaan teknologi wireless yang menjadikkannya lebih praktis lagi untuk digunakan.
 
Apabila kita perhatikan secara fisik maka mouse sendiri mempunyai 2 macam mouse yaitu:

1. Mouse Optic
 yaitu mouse yang menggunakan optic untuk menggerakkan pointer pada layar monitor, letak dari optic ini berada pada bagian bawah mouse.


2. Mouse Track Ball
yaitu mouse mouse yang mengggunakan bola untuk menggerakkan pointer pada layar komputer.



Selain itu berdasarkan portnya mouse dapat dibedakan menjadi bebarapa jenis, Yaitu:

1.  Mouse Serial
Mouse jenis ini berbentuk port serial yang mempunyai bebera pin pada ujung portnya, mouse yang satu ini banyak ditemui pada komputer pada era Pentium 1 dan Pentium 3 dan berjenis AT.




2. Mouse PS2
Mouse PS2 hingga saat ini masih banyak digunakan yang mempunyai ciri khas berwarna hijau di bagian ujungnya, warna tersebut bertujuan untuk membedakan antara keyboard dan mouse. Jenis mouse yang satu ini banyak digunakan pada era komputer pentium 3 dan pentium 4, seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras Mouse Ps2 kini sudah mulai ditinggalkan.




3. Mouse USB
Mouse USB merupakan mouse yang paling umum digunakan pada saat ini, hal tersebut dikarenakan Mouse USB sangat compatibel untuk komputer jaman sekarang. Mouse USB mempunyai ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya, dan untuk menggunakannya cukup hanya mencolokkan atau plug ke port komputer.



4. Mouse Wireless
Mouse wireless merupakan mouse yang tergolong baru dan sudah menggunakan teknologi wireless, jadi jika sebelumnya mouse yang anda gunakan masih mengandalkan kabel untuk menghubungkannya ke komputer atau laptop anda, maka mouse wireless yang satu ini sudah menghilangkan kabel tersebut sehingga menjadikannya lebih praktis dan flexibel.

Dengan memanfaatkan sinyal wireless yang dapat di colokkan dengan mudah ke port komputer maka mouse ini bisa digunakan pada jarak yang sedikit lebih berjauhan antara komputer dengan mouse.


Mungkin hanya  sedikit coretan dari saya mengenai Jenis Mouse Komputer, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.


Sumber:


No comments:

Post a Comment